Angka DGOJ Tunjukkan Pasar iGaming Q4 Melambat Di Spanyol

Angka DGOJ Tunjukkan Pasar iGaming Q4 Melambat Di Spanyol 6 Februari 2019 pukul 6 Februari 2019 pukul Yana Kapitsa
6 Februari 2019 pukul Oleh Athor nameTeo Gadzinski

Angka-angka terbaru dari Badan pengawas perjudian Spanyol menunjukkan pertumbuhan pasar iGaming negara itu melambat secara signifikan pada kuartal terakhir 2018.

Sementara operator iGaming berlisensi lokal menikmati peningkatan pendapatan keseluruhan 25,5 persen tahun lalu, masih mewakili tingkat pertumbuhan yang lebih lambat dibandingkan dengan 30,8 persen pada 2017 dan 34,4 persen pada 2016.

Dalam tiga bulan yang berakhir pada 31 Desember 2018, pendapatan yang dihasilkan oleh operator berlisensi lokal naik menjadi € 189,5 juta, peningkatan 4,2 persen pada Q3 dan kenaikan 10,7 persen jika dibandingkan dengan Q4 tahun 2017.

Tje angka yang dirilis oleh Pertunjukan General Direction of Game Management (DGOJ) Spanyol pendapatan kasino online meningkat sebesar 6,4 persen menjadi mencapai €64,8 juta, mewakili pertumbuhan hampir sepertiga tahun ke tahun. Slot menikmati peningkatan 42,4 persen tahun ke tahun, menghasilkan total pendapatan € 36,4 juta. Pendapatan Q4 untuk roulette hidup naik 35,4 persen menjadi € 12,9 juta, sementara "Konvensional" roulette juga menikmati peningkatan 15,6 persen menjadi € 8,7 juta. Blackjack mencatat pertumbuhan 8,7 persen pada € 6,7 juta.

Sementara itu, pakta berbagi likuiditas lintas batas dengan Portugal dan Prancis berkontribusi pada kenaikan pendapatan 6,4 persen yang dihasilkan oleh pasar poker online Spanyol. Ini membukukan total pendapatan hampir € 21,1 juta. Permainan tunai menghasilkan € 8 juta di Q4, mewakili pertumbuhan 27,4 persen tahun ke tahun, sementara turnamen naik menjadi hampir 43 persen, mencatat pendapatan keseluruhan € 13 juta.

Meskipun penurunan 1 persen dalam pengeluaran bingo, pendapatan bingo online naik sebesar 12 persen untuk mendatangkan € 3,5 juta. "Kompetisi" vertikal menderita penurunan berurutan 47 persen menjadi hanya € 169.000, mewakili penurunan 89,5 persen tahun ke tahun.

Pertumbuhan Melambat Meski Dorong Investasi Pemasaran

Untuk keseluruhan 2018, pendapatan kasino juga naik sebesar 39 persen menjadi €238 juta. Poker online (€82 juta) dan bingo (€13 juta) keduanya mencatat kenaikan masing-masing sebesar 37 persen dan 18 persen.

Namun, angka tersebut mewakili pertumbuhan yang sederhana, meskipun ada peningkatan biaya pemasaran yang mencapai € 95,11 juta pada Q4. Lebih dari setengah pengeluaran pergi ke iklan (€ 49.81 juta). Sekitar € 32,15 juta dihabiskan untuk promosi, sementara biaya afiliasi memakan € 9,67 juta.